Rahasia Manfaat Bawang Bombay



Rahasia Manfaat Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan sayuran dari genus Allium, yaitu masih satu famili dengan bawang merah, bawang putih dan bawang perai. Bawang bombay berbentuk bulat sebesar kepalan orang dewasa. Bawang bombay lebih dikenal sebagai sayur daripada sebagai rempah. Biasanya bawang bombay dapat di makan langsung atau dipanggang, digoreng dan dimasak sebagai pelengkap masakan. Namun tahukah Anda bahwa bawang bombay memiliki manfaat bagi kesehatan? Karena kandungan nutrisi nya sangat banyak dan berkhasiat. Untuk lebih detail nya mari simak ulasan berikut ini.


Bawang bombay dipercaya dapat melawan kanker karena kaya akan senyawa sulfida yang bermanfaat melindungi sel-sel tubuh terhadap pertumbuhan tumor. Mengonsumsi bawang bombay dapat mengurangi kadar glukosa darah. Bawang bombay mengandung alil-propil-disulfida dan mineral krom (chromium) yang meningkatkan produksi insulin. Insulin adalah hormon yang membantu penyerapan glukosa oleh sel tubuh.

Kandungan sulfur pada bawang bombay mengandung bahan anti-penggumpalan darah. Sehingga bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah. Selain itu bawang bombay juga mengandung prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan yaitu (probiotik) dalam sistem pencernaan yang membantu fungsi pencernaan.

Bawang bombay juga kaya akan quercetin, suatu antioksidan yang diketahui memiliki sifat anti-inflamasi (anti radang) dan anti-alergi. Vitamin B kompleks nya seperti asam pantotenat, piridoksin, folat dan thiamin adalah nutrisi penting yang dibutuhkan otak dan berperan dalam mencegah gangguan syaraf.

Selain baik untuk nutrisi otak, bawang bombay juga bagus untuk menjaga kepadatan tulang. Karena kandungan mineral seperti tembaga, kalsium, magnesium, dan fosfor. Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang bombay berguna dalam pembentukan jaringan penghubung. Bila Anda terkena demam atau influenza, Anda bisa mengonsumsi bawang bombay karena kandungan vitamin C, quercetin dan mangan yang berkhasiat menyembuhkan demam dan influenza. Zat allicin didalamnya juga menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga menjaga tekanan darah tetap normal.

Demikianlah manfaat dari bawang bombay yang dapat kita peroleh bila rutin mengonsumsi nya. Anda dapat mengonsumsi nya secara lansung bersama makanan favorit Anda atau sebagai campuran dalam masakan Anda. Jangan lupa kunjungi website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Rahasia Manfaat Bawang Bombay"

Posting Komentar

Thank you for your comments