Gangguan Saluran Pencernaan



Gangguan Saluran Pencernaan

Sudahkah Anda tahu tentang penyakit gangguan saluran pencernaan? Saluran pencernaan adalah serangkaian tube panjang yang merentang dari mulut hingga ke anus. Gangguan pencernaan sangat bervariasi mulai dari pencernaan yang buruk sampai ke penyakit yang mengancam hidup seseorang yaitu kanker usus, gangguan seperti pankreas, liver dan ginjal. Untuk itu, Anda perlu mengenal gangguan saluran pencernaan seperti yang akan diulas dalam artikel ini. Penyakit di saluran pencernaan dapat menjadi akut dan kronis atau juga dapat mengancam nyawa seseorang. 


Lalu apa saja yang menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan? Penyebab nya hingga kini belum dapat dipastikan. Namun penyakit ini dapat muncul dari berbagai faktor seperti stress, diet atau merokok. Gaya hidup dan pola makan yang tak sehat pun bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan tersebut.

Yang juga menjadi penyebab munculnya gangguan pada saluran pencernaan adalah konsumsi Alkohol yang justru memperbesar risiko terjadinya gangguan saluran pencernaan. Pengobatan gangguan saluran pencernaan ini melibatkan pengobatan kimia atau obat-obatan, bedah, perubahan diet, olahraga, kemoterapi dan pengobatan dari dapur sendiri secara herbal, Tergantung dari diagnosanya. 

Di Amerika hampir sekitar 62 juta orang pernah mengalami gangguan pencernaan. Gangguan saluiran pencernaan juga berkaitan dengan faktor usia. Wanita dilaporkan lebih banyak mengalami gangguan pencernaan dibandingkan pria, terutama dispepsia, tukak lambung dan sindrom iritasi pada usus. Meskipun begitu wanita lebih sering menemui dokter untuk berkonsultasi dibandingkan pria sehingga kesempatan untuk cepat sembuh lebih besar dibandingkan kaum pria.

Lalu bagaimana dokter mendiagnosa penyakit ini? Umumnya penyakit saluran pencernaan sangat komplek dengan berbagai gejala dan tanda-tanda. Karena itu pasien seringkali harus melewati serangkaian tes medis untuk bisa memastikan jenis penyakitnya. Membuat diagnosa itu membutuhkan rekam medis yang menyeluruh serta tes fisik yang baik. Jika semua tes telah dilakukan, maka dokter akan menyarankan tes laboratorium, termasuk di dalamnya tes darah, ultrasound, tes endoskopi usus, eskofagus, perut atau usus halus. Untuk kasus yang lebih serius dokter akan menyarankan tes lebih lanjut CAT, scan atau MRI. 

Demikian informasi seputar gangguan saluran pencernaan yang terjadi pada manusia. Semoga dapat membantu Anda dalam upaya menjaga kesehatan, khususnya saluran pencernaan. Kunjungi website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Gangguan Saluran Pencernaan"

Posting Komentar

Thank you for your comments