Manfaat Si Buah Delima



Manfaat Si Buah Delima

Buah delima atau dikenal dengan nama latin Punica Granatum L. Merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga Punicaceae. Buah delima berasal dari timur tengah. Buah ini memiliki banyak kandungan gizi seperti, alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat, dan pati yang terdapat pada kulit buah delima. Dalam segelas jus buah delima juga mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin A, vitamin C, mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium serta tanin.
Tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai obat. Drai mulai akar, biji, daun, bunga sampai kulit pohonnya. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat nya dalam mengobati beberapa penyakit yang sering terjadi pada tubuh manusia.

Daging buah delima dapat membantu melawan kanker. Cara kerjanya adalah dengan menghambat perkembangan kanker prostat, payudara, usus besar dan kanker paru-paru. Zat ellagitannins dalam buah delima berguna mencegah sel-sel kanker menjadi aktif dan berkembang. Penelitian juga menyebutkan penurunan aliran darah ke tumor yang membantu mencegah sel-sel kanker untuk memperoleh nutrisi. 

Selain itu manfaat dari buah delima adalah mencegah Aterosklerosis. Yaitu gangguan pada pembuluh darah dimana arteri mengalami penyumbatan karena penumpukan kadar kolesterol, lemak bersama dengan bahan lainnya. Sifat antioksidan dari buah delima menghindari low-density lipoprotein atau kolesterol jahat dari oksidasi. Menunjukkan bahwa buah delima mampu mencegah pengerasan dinding arteri bersama dengan lemak atau bahan lainnya, sehingga arteri terbebas dari lemak dan mengalir dalam darah bersama-sama antioksidan. Antioksidan dalam buah delima sangat tinggi yaitu dalam bentik tanin, anthocyanin dan asam ellagic. Yang dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL manusia.

Manfaat lainnya dari buah delima adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Melalui sebuah studi penelitian yang menemukan bahwa buah ini dapat mengurangi tingkat tekanan darah individu dengan tekanan darah tinggi. Sebab, buah delima mengandung kalium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah bagi Anda yang menderita hipertensi.

Khasiatnya tidak hanya pada tubuh bagian dalam, buah ini juga dapat mencegah dan mengobati jerawat. Caranya yaitu dengan rajin mengonsumsi buah delima secara teratur. Sekaligus dapat memperbaiki masalah pencernaan dan meningkatkan sirkulasi darah yang lebih sehat. Buah ini kaya akan zat besi yang merupakan bagian dari hemoglobin yang membantu menyerap oksigen. Kandungan vitamin C nya juga efektif melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Selain itu dapat menjaga kolagen dan elastin pada kulit yang dapat membuat awet muda. Dengan memanfaatkan minyak biji delima ke kulit dapat meningkatkan produksi kolagen, mengurangi keriput dan tanda – tanda penuaan dini.

Buah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan). Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition dan dilakukan di Case Western Reserve University menunjukkan bahwa ekstrak buah deliam berguna dalam mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat arthritis seperti reumatik dan asam urat.

Demikianlah beberapa manfaat dari buah delima. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari buah berwarna merah ini. Jika Anda rajin mengonsumsinya tentu saja Anda akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa kunjungi website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Manfaat Si Buah Delima"

Posting Komentar

Thank you for your comments