Diet Rendah Garam



Diet Rendah Garam

Apa yang di maksud diet rendah garam? Yaitu diet dengan mengurangi (atau meniadakan sama sekali) konsumsi berlebih makanan yang mengandung garam. Air adalah salah satu hal yang dapat menambah massa tubuh, sehingga selama program ini berlangsung garam bersama air dalam tubuh akan dikeluarkan setiap hari melalui urin atau feses. Mengonsumsi garam yang tinggi (melebihi kebutuhan tubuh) akan cenderung menahan air yang ada pada tubuh kita dalam jumlah yang banyak.
Telah banyak diketahui bahwa garam adalah zat yang dapat memicu tekanan darah dan detak jantung. Oleh sebab itu, diet ini dapat menghindarkan kita dari resiko penyakit hipertensi. Namun, zat natrium di dalam garam berfungsi untuk mengatur keseimbangan kadar air dan Ph (keseimbangan asam), hanya saja memang jumlah natrium tersebut harus diatur ketat.


Anda pasti penasaran, bagaimana cara melakukan diet rendah garam? Caranya adalah dengan meminimalisasi makanan yang mengandung garam dan mengganti dengan makanan segar. Berikut adalah jenis makanan yang memiliki kandungan garam tinggi adalah berbagai makanan olahan, seperti: sosis, kornet, sarden kemasan, keju, daging ham, dsb. Daging atau unggas olahan/ dalam kemasan biasanya sudah mengandung tambahan larutan natrium, sehingga kurang aman untuk dikonsumsi. Selain itu, perasa makanan yang perlu dibatasi penggunaannya adalah saus cabe, saus tomat, mayonaise, mustard, karena mengandung natrium tinggi.

Tetapi bila Anda ingin mengkonsumsi daging atau unggas, maka pilihlah yang “segar” dan beku, karena kandungan sodiumnya akan lebih rendah. Anda juga disarankan untuk menghilangkan garam pada resep-resep makanan yang akan Anda sajikan. Untuk mengganti garam, Anda bisa menggunakan rempah-rempah dan bahan bumbu alami lainnya untuk meningkatkan cita rasa pada makanan.

Pilihan terbaik untuk diet rendah garam lainnya adalah sayuran. Apalagi jika Anda mengkonsumsi sayuran organik, ini akan lebih baik bagi tubuh Anda. Cucilah sayuran hingga bersih guna mengurangi kadar garam pada sayur. Nasi putih, pasta, oatmeal dan biji-bijian pun juga dapat dijadikan pilihan. Perlu diingat, saat kita membeli bahan makanan ini utamakan yang masih alami. Lakukanlah program diet ini dengan sehat dan disiplin. 

Demikian artikel tentang diet rendah garam yang bisa menjadi pilihan diet Anda. Dan selamat mencobanya!
Kunjungi juga website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Diet Rendah Garam"

Posting Komentar

Thank you for your comments