Diet Saat Menyusui

Diet Saat Menyusui

Setelah melahirkan biasanya wanita ingin segera menjadi langsing kembali. Karena saat hamil berat badan bertambah sehingga bentuk tubuh menjadi kurang menarik. Namun diet saat menyusui apakah aman bagi ibu dan bayi nya? Bagaimana mendapatkan tubuh yang langsing tanpa membahayakan ibu dan bayi? Yuk, simak artikel berikut ini.

Menyusui Cara Alami Melangsingkan Tubuh
Sebenarnya tanpa berdiet ibu bisa menurunkan berat badan secara alami dengan cara menyusui. Dengan memberikan ASI secara eksklusif pada bayi sampai dengan 6 bulan maka otomatis berat badan akan turun dengan sendirinya walaupun penurunan yang dialami sangat perlahan. Namun tidak semua wanita atau ibu menyusui bisa mengalami hal demikian, beberapa wanita bahkan tidak mengalami penurunan berat badan sama sekali saat menyusui. Hal ini disebabkan karena asupan makanan yang dikonsumsi secara berlebih akibat khawatir jika produksi ASI berkurang apabila tidak mengkonsumsi makanan dengan porsi yang besar.

Diet Yang Salah
Berat badan yang naik drastis saat hamil, namun saat telah melahirkan tidak juga turun bahkan cenderung naik karena asupan makanan yang dikonsumsi secara berlebih saat menyusui tanpa mempertimbangkan kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan namun seringkali cara yang dipakai salah sehingga mempengaruhi produksi ASI. Melakukan diet saat menyusui dengan menggunakan obat pelangsing sangat tidak dianjurkan sebab obat-obatan tersebut akan berbahaya bagi Ibu dan bayi. Diet yang dilakukan dengan cara mengurangi asupan makanan juga akan berpengaruh pada produksi ASI bahkan apabila diet dilakukan secara ketat akan membuat ibu menjadi depresi dan mengakibatkan berkurangnya produksi ASI. Mengkonsumsi teh untuk diet juga tidak disarankan sebab teh mengandung kafein yang cukup tinggi sehingga akan membahayakan bayi, karena apa yang ibu makan akan berpengaruh pada ASI yang dikonsumsi oleh bayi. Selain itu kafein juga bisa menghentikan produksi ASI. Cara-cara diet diatas adalah contoh diet yang salah yang tidak boleh dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui.

Cara Aman Diet Saat Menyusui
Cara diet yang aman dan benar saat menyusui adalah dengan mengatur pola makan yang baik. Dengan mengatur pola makan secara benar dan asupan gizi secara seimbang bukan saja tubuh menjadi lebih langsing namun asupan gizi ibu dan si kecil juga akan terpenuhi. Berikut cara  diet dan pengaturan pola makan yang baik :

1.      Konsumsilah makanan dalam porsi kecil tetapi sering
Siapkan makanan dalam porsi kecil dan makanlah sebelum lapar, hal ini akan membantu tubuh untuk mempunyai metabolisme yang lebih baik. Daripada makan dalam porsi besar namun hanya 2 kali lebih baik makan dalam porsi kecil 5-6 kali sehari. Selain tidak cepat lapar, ibu tidak merasa berdiet dengan cara ini.
2.      Karbohidrat untuk penambah energi
Karbohidrat yang baik bisa didapatkan dari sereal, oatmeal, nasi merah, pasta sayuran dan roti gandum. Selain karbohidrat tersebut memberikan energi juga mempunyai serat yang tinggi dan baik untuk tubuh.
3.      Konsumsi protein rendah lemak
Protein bisa didapatkan dari ayam, daging, telur dan ikan. Protein dari ikan sangat baik karena kandungan lemaknya rendah selain itu mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk pertumbuhan balita.
4.      Konsumsi segala jenis buah dan sayuran
Mengkonsumsi segala jenis buah dan sayuran sangat baik untuk tubuh untuk menghindarkan makan cemilan yang tidak sehat juga sayuran hijau dipercaya membantu meningkatkan produksi ASI.
5.      Perbanyak minum air putih
Air putih sangat banyak manfaatnya dalam penurunan berat badan secara alami. Air putih akan membantu proses pencernaan dalam tubuh juga meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan mengonsumsi air putih juga dapat mencegah dehidrasi dan membantu agar tubuh merasa lebih kenyang.
6.      Janganlah lupa berolahraga
Tidak perlu waktu khusus untuk berolahraga. Mengajak si kecil berjalan-jalan dan melakukan aktivitas bersama si kecil juga merupakan olahraga ringan. Aktivitas tersebut selain membuat massa tulang pada ibu menjadi lebih padat juga memberikan perasaan fit dan bersemangat setelah berolahraga.

Nah, itu semua adalah cara aman untuk ibu menyusui yang ingin langsing alami tanpa harus khawatir dengan kesehatan ibu dan bayi nya. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang yang sedang menyusui namun ingin tetap tampil menarik. Kunjungi juga website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Diet Saat Menyusui"

Posting Komentar

Thank you for your comments