Makanan Mengandung Serat untuk Diet



Makanan Mengandung Serat untuk Diet

Serat sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk membantu melancarkan pencernaan. Pencernaan yang baik tentu nya akan membantu penyerapan makanan dan nutrisi secara optimal. Serat juga baik untuk orang yang sedang melakukan diet. Efek yang ditimbulkan saat kita mengonsumsi serat adalah merasa kenyang lebih lama. Serat tidak dimetabolisme namun membantu proses pencernaan makanan. Kita dapat menemukan serat pada beberapa makanan, contohnya sayuran dan buah – buahan.

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang mengandung serat :
  1. Sayuran
    Sayuran hijau daun memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat terdapat di beberapa bagian, baik tulang daun maupun bagian penyangga dalam struktur daun. Sayuran yang berupa umbi seperti wortel juga mengandung serat yang cukup tinggi.
    Sayuran yang paling banyak mengandung serta adalah bayam, kemudian brokoli, lalu kacang panjang, lembayung,
  2. Biji-bijian
    Kacang-kacangan dan polong-polongan juga mengandung serat yang tinggi. Kacang rebus juga sering digunakan oleh orang yang menjalani diet. Kandungan seratnyayang tinggi serta kandungan kolesterol yang rendah membuat kacang menjadi bahan diet yang paling digemari.
  3. Cokelat
    Selama ini cokelat tidak banyak dianggap sebagai bahan makanan berserat untuk diet. Padahal menurut penelitian, kandungan serat di dalam buah cokelat cukup tinggi. Cokelat olahan masih mengandung kadar serat di atas 30 gram yang berarti hampir sepadan dengan kandungan serat pada beberapa jenis sayuran berwarna hijau seperti kangkung.
  4. Buah
    Beberapa buah memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat nanas sangat terasa ketika dimakan. Begitu juga buah mangga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Beberapa peserta diet menyatakan bahwa serat di dalam buah mangga mampu membuat mereka bertahan tidak makan beberapa waktu dan tetap merasakan kenyang. Selain buah nanas dan mangga, masih banyak buah-buahan yang kaya akan serat. Bahkan buah jeruk yang didominasi oleh air, juga memiliki kandungan serta yang cukup tinggi. Demikian pula buah salak.
  5. Serealia dan umbi-umbian
    Serealia seperti nasi, gandum, mengandung serat yang paling tinggi jika dibandingkan aneka jenis produk. Terdapat beberapa kesalahan persepsi, di mana para praktisi diet tidak mencantumkan nasi sebagai salah satu produk diet dan bahkan menghindari makan nasi. Suatu pandangan yang keliru, jika menghindari nasi. Umbi-umbian juga mengandung serat yang sangat tinggi.
Nah demikian informasi tentang makanan yang mengandung serat. Semoga dapat membantu anda dalam memilih bahan makanan untuk diet yang anda butuhkan. Jangan lupa kunjungi juga website kami di www.phaseoslim.com atau di www.susudiet.net

0 Comment "Makanan Mengandung Serat untuk Diet"

Posting Komentar

Thank you for your comments