Manfaat Probiotik Bagi Pencernaan

Manfaat Probiotik Bagi Pencernaan

Probiotik sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kita. Sebagian dari kita tidak tahu apa yang dimaksud probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang tampak seperti flora normal yang habitatnya ada di dalam saluran pencernaan. Probiotik juga biasa disebut sebagai bakteri yang baik. Umumnya, probiotik berasal dari dua kelompok spesies, yaitu Bifidobacterium dan Lactobacillus. Tetapi, ada juga probiotik yang asalnya adalah dari kelompok Enterococcus, Bacilus, dan Escherichia. Jamur, bakteri, maupun parasit yang menyerang tubuh manusia bisa mengganggu keseimbangan mikroorganisme di dalam tubuh tersebut. Sehingga, bakteri baik yang biasanya hidup di dalam saluran pencernaan bisa dikalahkan oleh mikroorganisme jahat yang muncul dari lingkungan di luar. Jumlah probiotik atau bakteri baik dalam usus bisa juga berkurang dikarenakan penggunaan antibiotik dalam jangka panjang. Dalam keadaan seperti inilah, probiotik memiliki peran yang sangat penting untuk mengembalikan keseimbangan mikroorganisme.


Peran Probiotik

Selain bermanfaat untuk pencernaan, ada beberapa manfaat lain yang juga dapat ditemukan pada probiotik. Probiotik juga dapat membantu menyembuhkan diare secara cepat serta beberapa macam infeksi lainnya. Juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih agresif saat melawan mikroorganisme yang jahat. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa probiotik memiliki fungsi bagi para penderita radang usus, penyakit Crohn, kolitis ulseratif, dan infeksi Helicoacter pylori, yaitu sebuah bakteri yang menyebabkan luka di lambung dan usus. Probiotik biasa juga ditemukan di dalam tempe, yoghurt, atau pun suplemen yang memiliki kandungan probiotik.

Probiotik memang memiliki banyak manfaat terutama bagi pencernaan kita. Tetapi, tidak semua orang diperbolehkan mengonsumsi probiotik. Orang yang memilki alergi terhadap Lactobacillus, dilarang untuk mengkonsumsi probiotik yang memiliki kandungan Lactobacillus. Selain itu, orang yang daya tahan tubuhnya menurun, seperti para pengidap HIV atau mereka yang menjalani transplantasi organ dianjurkan agar berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi probiotik. 

Hal tersebut diatas juga berlaku bagi para ibu hamil, menyusui, serta pasien lanjut usia. Oleh sebab itu, kita harus ingat sebelum mengkonsumsi probiotik, bahwa setiap macam probiotik memiliki efek yang tidak sama. Sehingga, perlu berkonsultasi dengan dokter jika kita sedang menjalani pengobatan yang dilarang mengkonsumsi probiotik. Jadi, selain mengetahui manfaat probiotik bagi pencernaan, kita harus juga mengetahui hal-hal yang perlu dihindari. Dengan begitu kita tidak sembarangan mengonsumsi probiotik guna menghindari hal – hal yang tidak kita inginkan. Kunjungi juga website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Manfaat Probiotik Bagi Pencernaan"

Posting Komentar

Thank you for your comments