Meningkatkan Bakteri Baik Dalam Pencernaan



Meningkatkan Bakteri Baik Dalam Pencernaan

Bakteri baik sering dikatakan sebagai probiotik. Probiotik sangat penting bagi kesehatan pencernaan. Probiotik adalah mikroorganisme yang hidup menyerupai flora normal yang dapat  hidup dalam pencernaan. Probiotik ini bisa dikategorikan dalam sekelompok species Bifidobacterium dan Lactobacillus. Ada juga yang mengenal probiotik dalam sekelompok yang berasal dari Bacilus, Enterococcus, dan Escherichia.


Menjaga pencernaan adalah suatu hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan pola makan yang benar dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Bakteri yang baik normalnya hidup dalam pencernaan dan dapat dikalahkan mikro organisme jahat yang semua berasal dari lingkungan luar. Setiap jumlah bakteri baik yang berada dalam usus akan berkurang akibat penggunaan antibiotik dalam jangka panjang. Pada saat terjadi seperti itulah maka probiotik bisa menjaga dan mengembalikan keseimbangan mikro organisme dalam tubuh manusia.

Peranan Penting Untuk Meningkatkan Bakteri Baik
Probiotik atau bakteri baik ini sangat berperan baik untuk penyembuhan diare dan membersihkan jenis-jenis infeksi dalam tubuh manusia dan juga berperan dalam peningkatan sistem imun dalam tubuh manusia agar bisa lebih agresif dalam melawan mikro organisme yang jahat. Ada penelitian yang mengatakan bahwa bakteri baik atau probiotik ini sangat berperan penting terutama dalam penderita radang usus.
Untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam pencernaan bisa Anda mulai dengan konsumsi makanan yang sehat. Pola hidup yang sehat seperti apa saja yang bisa menghasilkan bakteri baik. Simak lah hal – hal berikut ini :
  • Rajin mengonsumsi sayuran dan buah
  • Jangan makan berlebihan dan sebaiknya dengan porsi yang kecil
  • Lakukan olahraga setiap pagi hari
  • Bisa memulai makan makanan probiotik seperti yogurt. Yogurt sangat baik untuk mengurangi gejala definiensi laktase yang disebabkan karena bakteri yang tumbuh dalam tubuh. Selain itu mengonsumsi yogurt juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Yogurt juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika semua keseimbangan terjaga maka tubuh anda juga bisa terjaga. Yogurt bisa mampu mengatasi masalah diare dalam tubuh bayi dan anak-anak.
Bakteri baik atau probiotik memang banyak manfaat nya bagi kesehatan pencernaan, Tetapi tidak semua manusia dapat mengonsumsinya. Terutama bagi manusia yang menderita kelainan seperti alergi. Misalnya alergi dengan Lactobacillus sebaiknya Anda tidak perlu mengonsumsi makanan atau produk probiotik yang mengandung Lactobacillus. Contoh lainnya adalah seseorang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh seperti penderita HIV, dan pada saat selesai tranplantasi organ. Sebaiknya Anda tidak perlu ragu untuk selalu berkonsultasi pada dokter ahli agar bisa mengetahui. Apakah bisa mengonsumsi probiotik atau tidak. Hal ini juga berlaku pada ibu hamil, menyusui dan pada seseorang di usia lanjut.

Manfaat probiotik lainnya adalah mengubah cara kerja dan sistem aktivitas obat dalam tubuh manusia. Obat yang dimaksud disini adalah obat kemoterapi, antibiotik dan steroid. Selain itu terdapat juga pada obat yang berperan untuk menekan sistem imunitas dalam tubuh. Probiotik memiliki efek yang berbeda-beda, sehingga sebelum mengonsumsinya tetap konsultasikan pada dokter ahli. Untuk menjaga dan meningkatan kesehatan dalam pencernaan anda bisa melakukan kombinasi antara probiotik dan prebiotik. 

Dengan melakukan kombinasi tersebut dapat mencapai efek yang optimal dalam tubuh manusia. Mengonsumsi makanan prebiotik dan probiotik bisa dilakukan setiap hari atau itu semua tergantung pada sistem kekebalan tubuh anda dalam menerima keduanya. Demikianlah artikel tentang cara meningkatkan bakteri baik dalam pencernaan. Semoga dapat membatu Anda dalam menjalani hidup sehat. Karena pencernaan  yang sehat adalah awal tubuh yang sehat pula. Kunjungi website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Meningkatkan Bakteri Baik Dalam Pencernaan"

Posting Komentar

Thank you for your comments