Makanan Berserat untuk Pencernaan Sehat

Makanan Berserat untuk Pencernaan Sehat

Kesehatan pencernaan sangat penting bagi manusia. Karena sudah banyak sekali masalah kesehatan yang berasal dari sistem pencernaan. Maka dari itu untuk mendapatkan saluran pencernaan yang sehat, dibutuhkan makanan yang sehat dan juga pola hidup yang teratur. Makanan yang kita makan sangat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Karena tanpa kita sadari seringkali kita mengonsumsi beberapa makanan yang justru merugikan pencernaan sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan.

Lalu apa saja gangguan kesehatan yang terjadi akibat pencernaan yang tidak sehat? Beberapa diantaranya adalah perut kembung, sembelit, diare, maag, obesitas, dan lain-lain. Cara meningkatkan kesehatan saluran pencernaan adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang bergizi seimbang, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi. Lalu apa sajakah manfaat makanan berserat untuk pencernaan? Manfaat makanan berserat untuk saluran pencernaan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Mengkonsumsi makanan berserat yang cukup terbukti efektif dalam mengurangi masalah konstipasi dan sembelit.
  • Makanan berserat bisa membantu mengatur kadar gula darah dan juga insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi resiko diabetes.
  • Makanan berserat akan membuat tubuh menjadi langsing karena mengonsumsi makanan berserat akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.
  • Makanan berserat membantu proses pencernaan dalam usus besar sehingga mengurangi resiko usu buntu.
  • Mengkonsumsi makanan berserat, seperti buah-buahan dan juga sayuran dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh sehingga Anda akan kelihatan awet muda.
  • Makanan berserat yang cukup dipercaya dapat membantu proses pembuangan racun tubuh (detoksifikasi).
Selain dengan memperhatikan manfaat makanan berserat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, Anda juga harus memerhatikan hal-hal yang dapat membantu kesehatan sistem pencernaan, diantaranya adalah :
  • Mengunyah makanan dengan benar agar makanan bisa dicerna dan diserap dengan baik oleh sistem pencernaan.
  • Konsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering.
  • Konsumsi cairan yang cukup.
  • Hindari makan dengan terburu-buru.
  • Menghindari pola hidup tidak sehat.
  • Dan masih banyak cara yang lain yang berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.
Nah, sekarang setelah anda mengetahui manfaat makanan berserat, tentu anda akan mencari apa saja yang digolongkan dalam makanan berserat yang baik bagi pencernaan. Makanan berserat banyak ditemukan pada buah, sayur, kacang-kacangan, padi-padian, agar-agar, dan gandum. Untuk mendapatkan asupan serat yang cukup sehari - hari konsumsilah jenis-jenis makanan tersebut. Dengan demikian anda akan dapat kan pencernaan yang sehat sekaligus tubuh yang sehat pula. Karena tubuh yang sehat berawal dari pola hidup yang sehat. Kunjungi juga website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.com

0 Comment "Makanan Berserat untuk Pencernaan Sehat"

Posting Komentar

Thank you for your comments