Buah Labu Untuk Diet Sehat

Buah Labu Untuk Diet Sehat

Anda pasti sudah tahu buah berwarna oranye ini, bukan? Ya, Buah labu dengan bentuk nya yang bulat besar. Anda pasti banyak menemukannya ketika hari hallowen. Buah labu sering menjadi santapan menyehatkan penduduk asli Amerika. Maka itu, orang Amerika percaya labu termasuk buah yang lezat dan aman dikonsumsi sekalipun sedang diet.

Buah labu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi serta vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, labu juga rendah kalori jadi aman untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan vitamin A, flavonoid poli-fenolik antioksidan seperti leutin, xanthin, dan karoten juga banyak terdapat didalamnya. Labu masuk dalam jenis keluarga Cucurbitaceae. Ukuran, bentuk dan warna dari buah labu sangat bervariasi. Umumnya berwarna orange atau kuning beberapa varietas menunjukkan warna hijau gelap, coklat dan abu-abu. Warnanya sangat dipengaruhi oleh pigmen kuning-oranye pada kulitnya.

Rendahnya kalori dalam buah labu sangat cocok untuk konsumsi para pediet. Untuk 100 gram labu hanya memiliki 26 kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, tetapi kaya akan serat makanan, anti-oksidan, mineral dan vitamin. Sangat direkomendasikan oleh para ahli medis untuk mengurangi kolestrol dan penurunan berat badan. Buah ini juga memiliki beberapa vitamin anti-oksidan seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Labu dalam 100 gram mengandung vitamin A tertinggi dari keluarga sayuran Cucurbitaceae yang mengandung sekitar 246% dari RDA. Vitamin A adalah anti-oksidan alami yang kuat dan diperlukan oleh tubuh untuk menjaga integritas kulit dan membran lendir. Ini juga merupakan vitamin penting untuk penglihatan visual yang baik. Yaitu baik untuk kesehatan mata.

Dalam sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin A membantu tubuh melindungi terhadap paru-paru dan kanker rongga mulut. Labu adalah jenis sayuran yang megandung anti-oksidan alami yang memiliki UV (ultra violet) sinar penyaringan tindakan dalam lutea makula di retina mata. Dengan demikian, hal ini membantu melindungi dari penyakit makula terkait usia (ARMD) pada orang tua. Kandungan dari labu adalah sumber yang baik dari kelompok B-kompleks vitamin seperti folat, niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin, dan asam pantotenat. Tidak hanya itu, labu juga mengandung mineral seperti tembaga, kalsium, kalium dan fosfor. Buah labu berwarna oranye yang brilian menunjukkan kandungan beta karoten yang tinggi. Beta karoten adalah prekursor (bentuk tidak aktif) vitamin A. Artinya, selain baik untuk mata, labu juga baik untuk menjaga sistem imun tubuh. Beta karoten juga dapat mengurangi risiko kanker. Diet tinggi beta karoten telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, leher rahim (serviks) dan kanker kulit.

Biji labu juga memiliki nutrisi yang sangat baik yaitu mengandung serat dan asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Biji tersebut juga merupakan sumber protein, mineral dan vitamin. Misalnya 100 g biji labu menyediakan 559 kalori, 30 g protein, 110% RDA besi, 4987 mg niacin (31% RDA), selenium (17% RDA), seng (71%). Selain itu,  biji labu merupakan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan terutama kandungan asam amino triptofan untuk kesehatan otak.

Labu memiliki manfaat untuk menstabilkan gula darah dengan menjaga pola makan karena kandungan labu merupakan jenis kalori yang rendah gula, serta tetap memberikan energi untuk tubuh Anda. Kandungan magnesium yang terdapat pada labu membuat anda lebih tenang karena mampu membuat rileks saraf, selain itu biji labu mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan terutama anemia yang sering terjadi pada wanita. Bagi anda yang ingin melancarkan pencernaan konsumsi labu untuk menjaga pencernaan terutama usus manusia.

Nah, banyak sekali kan manfaat buah labu untuk diet maupun kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsinya setiap hari. Dan dapat Anda sajikan dengan berbagai variasi seperti dimakan langsung, di jus, atau di buat sayur. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat! Jangan lupa kunjungi website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Buah Labu Untuk Diet Sehat"

Posting Komentar

Thank you for your comments