Kenali Jenis – Jenis Karbohidrat



Kenali Jenis – Jenis Karbohidrat


Selama ini kita hanya tahu bahwa karbohidrat bisa kita dapat kan dari konsumsi nasi. Namun, sebenarnya ada dua jenis karbohidrat yang utama dalam makanan yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks. Untuk mengetahui manfaatnya, Anda harus mengenal jenis karbohidrat dan mengetahui makanan apa saja yang menghasilkannya. Karbohidrat sederhana disebut juga gula sederhana. Ini dapat ditemukan dalam gula halus, seperti gula putih. Gula sederhana juga dapat ditemukan dalam makanan bernutrisi seperti buah-buahan dan susu. Gula sederhana dari buah-buahan dan susu adalah lebih baik untuk dikonsumsi. Karena gula tidak ditambahkan pada buah-buahan dan susu serta mengandung vitamin dan serat, dan nutrisi penting seperti kalsium.

Karbohidrat kompleks dapat disebut juga sebagai pati (kanji). Pati juga termasuk dalam produk biji-bijian, seperti roti, biskuit, pasta, dan nasi. Seperti gula sederhana, beberapa makanan karbohidrat kompleks adalah pilihan yang baik daripada yang lain. Biji-bijian olahan (halus), seperti tepung terigu dan nasi putih yang telah diproses telah kehilangan nutrisi dan fiber. Tapi biji-bijian yang tidak dihaluskan masih mengandung vitamin dan mineral. Selain itu juga kaya akan serat yang membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Serat membantu Anda merasa kenyang, sehingga Anda tidak makan terlalu banyak. Semangkuk bubur gandum lebih baik daripada permen manis dengan jumlah kalori yang sama. Karbohidrat kompleks memberi Anda energi untuk jangka waktu yang lama. 

Ketika seseorang mengkonsumsi karbohidrat, tubuh akan memecahkannya menjadi gula sederhana yang diserap ke dalam aliran darah. Ketika kadar gula meningkat dalam tubuh, pankreas akan mengeluarkan hormon yang disebut insulin. Insulin diperlukan untuk memindahkan gula dari darah ke dalam sel-sel, dimana gula dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Mengenal jenis-jenis karbohidrat sangat penting bagi kita. Dengan mengenal jenis karbohidrat, Anda akan lebih paham apa saja manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan. Dengan begitu Anda pun dapat menentukan makanan apa saja baik dikonsumsi oleh tubuh agar menghasilkan energi untuk jangka waktu yang lama. Manfaat yang dapat kita rasakan adalah tidak mudah merasa lapar. Namun jika Anda tidak mengenal jenis-jenis karbohidrat, kemungkinan besar Anda akan salah memilih makanan yang akhirnya dapat mengganggu kesehatan Anda.

Demikan pengenalan terhadap jenis-jenis karbohidrat yang harus Anda ketahui. Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membaca artikel ini. Kunjungi juga website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Kenali Jenis – Jenis Karbohidrat"

Posting Komentar

Thank you for your comments