Manfaat Dari Hijaunya Brokoli



Manfaat Dari Hijaunya Brokoli

Brokoli termasuk dalam keluarga Brassicaceae atau kubis-kubisan. Brokoli yang baik adalah berwarna hijau gelap, hijau keabuan, atau hijau keunguan. Jika telah berwarna kuning dan layu, nilai gizinya sudah banyak yang hilang. Brokoli memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan manusia. 

Di Indonesia brokoli telah banyak dibudidayakan , terutama di daerah-daerah dingin seperti Lembang, Bandung dan Malang. Brokoli juga memiliki predikat sebagai sayuran kelas atas karena kandungan nutrisi dalam brokoli yang sangat banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Namun, masih sedikit yang tahu kandungan sayuran hijau yang satu ini. Brokoli mengandung zat anti-kanker dan juga anti-oksidan. Terbukti dengan teratur mengonsumsi brokoli, dapat mengurangi resiko terkena kanker esophagus ( kerongkongan ), kanker perut, kanker usus besar, kanker paru, kanker larynx, kanker parynx, kanker prostat, dan kanker mulut. Selain itu, brokoli juga sebagai sayuran antikanker usus besar ( kolon ).
Kandungan karetenoid pada brokoli, atau senyawa provitamin A juga berperan dalam memberikan kekuatan untuk melawan kanker. Kandungan klorofil (zat hijau daun) pada brokoli, diduga dapat menghambat mutasi sel kanker. Wanita dianjurkan mengkomsumsi brokoli untuk mencegah timbulnya kanker payudara. Selain itu juga dapat mengurangi resiko terkena kanker rahim pada wanita yang rajin mengonsumsi brokoli. Bukan hanya itu, brokoli juga mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin A, B, C, K, dan mineral seperti kalsium juga zat besi. Nah, untuk mengetahui manfaat nya lebih lanjut silahkan simak pembahasannya di bawah ini. Berikut ini beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan:

1. Membantu menurunkan berat badan

Anda yang sedang menjalani program diet, tak perlu khawatir mengonsumsi sayuran brokoli ini. Justru brokoli adalah makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Kandungan karbohidrat yang rendah serta seratnya yang tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan baik untuk mencegah berat badan Anda naik.

2. Mencegah penyakit jantung

Para ilmuwan di Institute for Food Research di Norwich, Inggris, menyilangkan dua jenis brokoli yang berbeda untuk mengembangkan brokoli super yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal. Selain bagus untuk kulit, senyawa glucoraphanin dikenal sebagai senyawa yang penting untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Kesehatan mata dan kulit

Kandungan vitamin A dan lutein pada brokoli baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan glucoraphaninnya dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan.

4. Mencegah Sembelit

Kandungan serat alami yang tinggi pada brokoli mampu membantu penderita sembelit, melancarkan buang air besar dan menjaga pencernaan agar lebih sehat.

5. Mengontrol tekanan darah

Sayuran ini juga membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah. Selain itu, kandungan potasiumnya mampu membantu menstabilkan tekanan darah dan menjaga sistem saraf dan fungsi otak yang sehat.
6. Menjaga kesehatan tulang

Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K yang sangat berperan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tulang. Jadi sangat baik jika dikonsumsi untuk kesehatan tulang, gigi dan mencegah osteoporosis.

7. Mencegah depresi

Kandungan folat dan vitamin B dalam brokoli dapat mencegah depresi, kelelahan, meningkatkan daya ingat dan masalah mental yang mungkin lebih serius seperti skizofrenia. Hal tersebut terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi.

8. Mencegah kanker

Brokoli mampu mendetoksifikasi tubuh dan memiliki sifat pencegahan terhadap kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium karena kandungan indole dan isothiocyanate, fitokimia dalam brokoli.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Brokoli juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Selain itu, brokoli terdiri dari fitonutrien dan fitokimia, termasuk sulforaphane, yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan memperkuat ketahanan fisik terhadap flu.
Demikian lah informasi tentang manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali kan manfaat dari brokoli ini? Nah, jika Anda tertarik untuk mengonsumsi brokoli, Anda bisa menikmatinya dengan cara di buat sayur, salad atau di jus. Mudah bukan? Hidup sehat berawal dari makanan yang sehat. Selamat mencoba! Jangan lupa untuk mengunjungi website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Manfaat Dari Hijaunya Brokoli"

Posting Komentar

Thank you for your comments