Terong Ungu dan Manfaatnya



Terong Ungu dan Manfaatnya

Terong ungu sering kita temui di Indonesia. Masyarakat pun sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Biasanya terong ungu dijadikan bahan makanan seperti terong balado, Namun tahukan Anda jika terong memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak? Khasiat nya sangat besar untuk kesehatan. Terong mengandung mineral, kalsium, kaya akan serat, bioflavonoid, kaya vitamin C, vitamin B6, tiamin, niasin, magnesium, fosfor, tembaga, asam folat, kalium, mangan serta vitamin K. Ingin tahu apa saja manfaat dari konsumsi sayur berwarna unggu tua ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini.


Terong merupakan bahan makanan yang baik khususnya bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan terong mengandung karbohidart yang rendah, pada nutrisi dan rendah kalori. Secangkir terong hanya mengandung 8 gram karbohidrat. Glikemik indeksnya pun juga rendah, sehingga terong tidak menyebabkan kadar gula darah Anda naik. Hal ini juga termasuk salah satu langkah mengoptimalkan penurunan berat badan. Selain baik untuk menurunkan berat badan, terong juga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Karena kandungan fenol, antioksidan yang mengatur metabolisme karbohidrat tubuh. Hal tersebut memberikan insulin lebih banyak waktu untuk memecah karbohidrat.

Dalam hal kesehatan pencernaan, terong juga berperan penting. Karena terong adalah sumber serat makanan yang tinggi. Serat sangat di butuhkan bagi pencernaan. Manfaatnmya adalah melancarkan pencernaan atau BAB. Serat dapat merangsang sekresi asam lambung yang memudahkan penyerapan nutrisi dan pencernaan makanan. Selain itu juga dikaitakn dengan penurunan risisko penyakit jantung sebab, serat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Untuk kesehatan jantung, terong memberikan dampak yang baik untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan merangsang penyerapan kolesterol baik. Menguarangi kolesterol LDL dapat mencegah dari serangan jantung, stroke dan aterosklerosis. Bioflavonoid nya sangat berperan dalam mengurangi ketegangan dan stres pada sistem kardiovaskular serta baik dalam meningkatkan daya tahan jantung.

Terong juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat yang diperoleh adalah dapat menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Kandungan nasunin dan asam klogrogenik, yaitu dua antioksidan organik yang menghambat radikal bebas serta berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-virus.

Senyawa fenolik yang ada dalam terong juga berguna untuk melindungi tulang dari terjadinya degradasi tulang dan osteoporosis. Senyawa fenolik adalah senyawa yang memberi warna pada terong. Senyawa ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko osteoporosis. Selain itu terong mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi. Zat-zat tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Nutrisi lain yang terkandung dalam terong adalah kalium yang membantu penyerapan kalsium. Zat besi juga penting untuk mencegah Anemia atau kekurangan sel darah merah.

Fitonutrien dalam terong dikenal sebagai pemacu untuk aktivitas kognitif dan kesehatan mental secara umum. Nutrisi tersebut berperan sebagai pelindung dari bahaya radikal bebas dan racun serta mengalirkan darah ke otak. Dengan banyaknya pasokan darah yang kaya oksigen menuju ke otak, maka dapat meningkatkan kekuatan memori dan daya pikir.

Kandungan folat dalam sayur terong sangat penting bagi ibu hamil. Asam folat melindungi bayi dari cacat tabung saraf. Oleh sebab itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung folat untuk mencegah cacat lahir bagi si bayi dalam kandungan.

Nah, banyak sekali kan manfaat dari terong ungu ini. Namun, yang perlu Anda ingat adalah terong termasuk sayuran yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada kondisi-kondisi tertentu. Sebaiknya jika Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu seperti terong, konsultasikan hal ini pada dokter. Kunjungi website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Terong Ungu dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Thank you for your comments