Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh



Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh

Susu kedelai sudah sangat umum di masyarakat Indonesia. Susu kedelai adalah susu nabati dari ekstrak atau sari kedelai putih. Rasanya yang manis dan gurih banyak diminati. Selain itu susu kedelai bisa menjadi alternatif bagi mereka yang tidak suka atau alergi terhadap susu sapi. Termasuk beberapa balita yang alergi (intoleransi laktosa) terhadap susu sapi. Susu kedelai mudah dicerna oleh pencernaan, sehingga tidak menimbulkan efek alergi. Dan kandungan nutrisi nya pun tak kalah dengan susu sapi. Apa saja nutrisi yang terkandung serta manfaat yang ada dalam susu kedelai ini? Yuk, intip pembahasannya dibawah ini. 

 
Susu kedelai mengandung protein yang tinggi dan kaya akan senyawa anti-aging serta vitamin E yang memperlambat proses penuaan. Sehingga orang yang rutin mengonsumsi susu kedelai akan terlihat tetap awet muda. Kandunagan isoflavon dan vitamin E dapat mengatasi sindroma menopause dan mencegah osteoporosis.

Nah, susu kedelai juga seperti yang disebutkan diawal artikel, bahwa mampu mengatasi intoleransi laktosa, yaitu sistem pencernaan yang tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa atau lemak susu dengan baik karena terbatasnya enzim laktase dalam tubuh. Enzim tersebut berfungsi untuk memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna oleh usus. Laktosa dimiliki oleh susu sapi, sehingga bagi balita yang intoleransi laktosa disarankan untuk mengganti susu sapi dengan susu kedelai yang tidak mengandung laktosa. Gejala yang ditimbulkan oleh intoleransi laktosa adalah mual, muntah, diare, dan gejala sakit perut yang lain.

Selain itu, manfaat susu kedelai adalah dapat digunakan sebagai minuman pengganti susu sapi bagi penderita autisme. Susu sapi atau keju tidak baik bagi diberikan pada penderita autisme karena mengandung kasein, yaitu protein susu dan glutein atau protein tepung. Karena kandungan tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan bisa menyebabkan autis nya semakin parah.

Susu kedelai juga dapat dijadikan alternatif bagi mereka yang vegetarian sebagai pengganti susu hewan yaitu sapi. Kandungan gizi nya juga sangat besar tidak kalah dengan susu sapi. Susu kedelai adalah sumber karbohidrat, mineral, vitamin, protein nabati dan lemak. Sehingga sangat cocok bagi para vegetarian.

Manfaat lain yang ditemukan dalam susu kedelai adalah dapat mencegah arteriosklerosis, hipertensi, jantung koroner dan juga stroke. Kandungan asam folat dan vitamin B6 nya bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Mangnesium dalam susu kedelai juga dapat mengatur tekanan darah seseorang. Kandungan lesitin nya berfungsi untuk menghalau LDL sedangkan isoflavon berguna sebagai anti oksidan serta meningatkan level HDL yang baik untuk kesehatan jantung. Jadi bial ingin terhindar dari kolesterol dan penyakit jantung, konsumsilah susu kedelai.

Tak hanya sampai disitu manfaat susu kedelai, yaitu dapat mencegah penyakit kencing manis atau diabetes mellitus. Karena kandungan protein pada susu kedelai lebih mudah diterima oleh ginjal dibandingkan protein hewani. Tak perlu khawatir bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi susu kedelai.

Kandungan vitamin B kompleks (kecuali B12), Mineral, dan asam amino yang kaya dalam susu kedelai dipercaya mampu mencegah dan meredakan migrain atau sakit kepala sebelah. Antioksidan seperti selenium, vitamin E, isoflavon dan genistein dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Nah, itulah beberapa manfaat serta kandungan dari susu kedelai. Susu kedelai mudah di dapatkan, harga nya terjangkau serta kaya akan manfaat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi website kami di www.phaseoslim.com atau www.susudiet.net

0 Comment "Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh"

Posting Komentar

Thank you for your comments